Jumat, 10 Desember 2010

Komponis Garda Depan Abad 20

IGOR STRAVINSKY


Igor lahir di Liomonsov, Rusia, tanggal 17 juni 1882. Ia salah seorang pembangkang thd predominasi musik yang mengagungkan emosi dan keindahan subyektif yang berpangkal pada sentralisasi tunggal nada-nada harmoni mayor-minor dan pemujaan pada keelokan super fantasi yang berlebihan seperti musik akhir abad ke-19. Semboyan musiknya yang disebut “primitivisme ‘ mengingatkan kepada sindiran musik Bartok yang terkenal dengan sebutan “Barbaro”.

Bagi Igor, melodi dan warna suara tidak lagi menjadi perhatian utama, melainkan hal pengolahan irama waktu dalam ritme dan petak-suara (Sound bloking),sebagai pengganti dari rekayasa harmoni yang menyamankan kesan keindahan. Akibatnya, dihindarkannya kecendrungan pada central melodi dan central harmoni yang mendominasi kesan suara.

Musiknya menjadi sangat anti tonal, anti keseimbangan, anti melodious dan anti ketertiban harmoni. Ia cenderung memakai teknik serba poli, yaitu politonal, poliritme, polimetrik dan poli harmoni yang menimbulkan kesan sugesti bunyi yang sangat disonan – bukan kesan keserasian pola keindahan bunyi.

Dari Youtube kami tampilkan salah satu ciptaannya In Memorian Dylan Thomas. Dylan adalah seorang penyair nyentrik, aneh dan pemabuk, namun syair2nya mampu menginspirasi mantan presiden AS Jimmy Carter untuk mencanangkan gerakan penegakan HAM keseluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar