Jumat, 10 Desember 2010

Komponis dan Karyanya

ARNOLD SCHOENBERG


Arnold Schoenberg lahir tanggal 13 Semtember 1874 di Wina. Sempat jadi pelukis yang mengesankan pelukis ekspresionis , Kandinsky. Corak musik Schoenberg pada masa ini bercorak eksoresionis dan impresionis.

 Tahun 1908, Schoenberg meninggalkan tonalitas dan musik yang berdasarkan trisuara. Atonalitas ( Pantonalitas ) dipakai secara bebas. Dari keempat komponis pembaharu, ia adalah yang paling radikal dan kontroversial yang berani menolak dan mendobrak seluruh bangunan sistem sistem musik lama. Denganprinsip musik teknik 12 nada yang telah menghebohkan dunia musik, ia dengan tegas menentang konsep sistem musik tonal yang telah berlangsung berabad-abad lamanya. Dengan konsep musik atonalnya, ia dituduh sebagai seniman dekaden dan perusak musik leluhur.

Schoenberg menolak sistem hirarki tonal, yaitu suatu sistem musik yang menempatkan suatu nada pilihan tertentu sebagai titik sentral dari seluruh rekayasa komposisi karya musik, sementara nada2 selebihnya tunduk pada nada tsb sebagai pusat pilihan. Dalil barunya adalah apa yang dinamakan prinsip (teknik) 12 nada. Keduabelas nada dalam sistem diatonik dan kromatik itu ia posisikan dalam kedudukan samarata, tidak ada hirarki. Dengan demikian, ia tidak hanya menghilangkan rangkaian fungsional tonika sampai oktav yang menjadi dasar susunan hirarki musik Barat, tetapi sekaligus juga menghilangkan fungsi-fungsi dominan, sub dominan, median, leading tone dsb. Dengan demikian, tak ada lagi prinsip tangga nada, prinsip mayor-minor,dsb, suatu hal yang secara otomatis akan menghapus prinsip-prinsip hukum melodi dan harmoni yang dalam sejarahnya telah menjadi sistem teknologi rekayasa penciptaan musik Barat sejak ratusan tahun lamanya. Dengan prinsip itu, sistim tonalitas musik akan teracuhkan. Musik tanpa nada dasar, tanpa nada sentral, tanpa tonalitas?. Silahkan dengar salah satu karyanya yang berjudul ” Kammer Symphonie”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar