Kamis, 09 Desember 2010

Komponis dan Musisi

BELA BARTOK


Bela Bartok yang lahir di Nagyszentmiklos, Hongaria 25 Maret 1881, adalah satu dari 4
komponis yang dianggap revolisioner di Abad 20. Mereka adalah : Claude Debussy, Arnold  Schoenberg, Igor Stravinsky dan Bela Bartok sendiri.

Keempat Musisi dan Komponis ini telah merubah konsep2 musik sebelumnya secara radikal. Kalau Debussy merombak tradisi musik yang berdurasi panjang dan bersifat agung dan megah menadi lebih pendek dan sederhana ; Schoenberg menberantakkan sistem musik Tonal dengan kredo Decentralisasi nada dasar dan sistim 12 nadanya ; Igor dengaan New Klasiknya, maka Bartok telah merubah pusat budaya musik yang tadinya ada di Itali, Prancis, Jerman dan Austria mejadi lebih meluas ke negara2 Eropa timur dus ke Hongaria. Ia membang kitkan Nasionalisme musik di negara2 timur dengan jalan mengangkat kharisma lagu2 rakayat Hongaria. Langkah besarnya ini kemudian diikuti oleh Smetana dan Anton Dvorak.

Jejak perjuangan Komponis tsb diatas mestinya dicontoh oleh kita – musisi dan seniman Mandar – kalau ingin membuat suatu yang besar dan bermakna buat daerah. Tentu conten masalah budaya musik kita berbeda, namun spirit perjuangan mereka dalam meneguhkan kreativita, integritas dan karakterlah yang penting. Berkat Youtube disini kami sertakan video karya Bela Bartok yang berjudul ’ Hongarian Folk Dance’.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar