Selasa, 17 Desember 2013

KESENIAN MANDAR

KESENIAN MANDAR

Ada beberapa macam kesenian khas Mandar, diantaranya
1. Pakkacaping
Pakkacaping merupakan kesenian khas Mandar yang menggunakan alat yang disebut kacapi. Permainan kacapi ini, berfungsi sebagai sarana dakwa dan hiburan dalam berbagai acara.
Pakkacapung yang melantunkan syair yang mengandung dakwah, disebut masaqalah. Sedangkan yang mengisahkan tentang kisah-kisah disebut mattoloq.

2. Pakkeke
Pakkeke ini merupakan kesenian khas Mandar yang hampir sama dengan pakkacaping, hanya saja pelaku pakkacaping dapat sebagai pengiring dan penyanyi. Sedangkan pakkeke pelakunya dua atau tiga orang. Yang satu meniup keke dan yang lain menyanyi.


3.Parrawana
Parrawana merupakan kesenian khas Mandar yang keberadaannya bersamaan dengan masukknya agama islam di Mandar. Parrwana berfungsi sebagai alat dakwah dalam penyebaran agama islam.
Parrawana terdiri dari dari dua jenis.
A. Parrawana Tommuane
Biasanya berfungsi sebagai pengiring rombongan calon mempelai pria ke rumah mempelai wanita. Atau biasa disebut sebagai hiburan. Juga sebagai pengiring sayyang pattuqduq (kuda penari).
B. Parrawana Towaine
Melantunkan lagu daerah Mandar yang berbau religi.

4. Jala Rambang
Jala rambang biasa disebut sebagai grup musik yang mana menggunakan alat kesenian yang terdiri dari seluruh jenis alat kesenian yang ada di Mandar.

5. Passayang-sayang
Kesenian khas Mandar ini biasanya diperankan oleh orang-orang yang melantunkan syair lagu yang saling berbalasan. Yang mana mengungkapkan sebuah perasaan cinta dan kasih yang diiringi dengan pemain gitar.

Itulah beberapa jenis kesenian khas Mandar yang sempat saya tuliskan dengan penjelasan yang sangat singkat. Selebihnya masih ada yang tidak sempat tertuliskan, seperti Paqgambus, Mammose, Pammaccaq dan Gongga.
Selamat membaca, semoga bermanfaat

oleh Alvi Yanita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar